Kendari_FST. Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih saja terus berlangsung, tentu saja hal ini mempengaruhi aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan di segala aspek aktivitas masyarakat, tak terlepas aktivitas akademik. Dilingkungan perkuliahan yang biasanya dilaksanakan dalam bentuk offline, akibat adanya pandemi ini, kegiatannya harus dialihkan melalui via online/daring untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Namun, hal tersebut tidak menjadi penghambat bagi fakultas sains dan teknologi, universitas mandala waluya, untuk terus berusaha menjalankan dan mengadakan kegiatan akademik sesuai dengan program kerja yang telah tersusun dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya  kegiatan-kegiatan positif yang di laksanakan via daring dengan memanfaatkan aplikasi online yang dapat mempermudah interaksi. Seperti halnya interaksi antara penyelenggara acara, pembicara dan partisipan yang turut serta dalam kegiatan yang di adakan. Salah satunya adalah Kegiatan Bedah Buku virtual 2022.

Materi Bedah Buku Virtual

Mengingat pentingnya budaya literasi dilingkungan perkuliahan. Maka FST menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku Virtual yang mengundang pembicara yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Pada kesempatan ini, Kamis, 7 Juli 2022, FST menghadirkan penulis buku statistic kesehatan Bapak Dr. K.M. Agus Riyanto, SKM., M.Kes. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan rasa ingin tahu setiap partisipan (dosen dan mahasiswa) terhadap buku yang dibedah. Serta sebagai motivasi bagi partisipan untuk ikut serta dalam menulis buku mereka sendiri (dosen) dan menyusun laporan hasil penelitian (mahasiswa/i). Kegiatan Bedah Buku virtual ini di tujukan kepada mahasiswa/i tingkat akhir yang telah melakukan penelitian dan sedang menyusun hasil penelitian.

Bapak DR.K.M.Agus Riyanto.SKM.M.Kes. (Penulis Buku Statistisk Kesehatan)

Kegiatan bedah buku virtual ini diadakan melalui media Zoom Cloud di buka oleh dekan FST, Ibu Dr. Sri Anggarini Rasyid, S.Si., M.Si, dan dipandu oleh Moderator Asni Ramayana Tina, S.ST., M.Biomed.

 

Dekan FST Dr. Sri Anggarini Rasyid, S.Si., M.Si (Kiri) dan Dosen FST Asni Ramayana Tina, S.ST., ,.Biomed(Kanan)

Dalam sambutannya, Dekan FST Ibu Dr. Sri Anggarini Rasyid, S.Si., M.Si,  menyatakan bahwa acara bedah buku bertujuan untuk meningkatkan wawasan dosen lingkup FST sekaligus memacu produktivitas dosen dalam menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas di bidang penelitian kualitatif atau kuantitatif dan menghasilkan karya tulis ilmiah dalam bentuk buku serta menjadi pedoman bagi mahasiswa/I tingkat akhir dalam menulis laporan hasil penelitian. “Setiap dosen perlu untuk mempelajari format baku penulisan buku ilmiah sehingga karya tulis yang dihasilkan tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, akan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas, dan mahasiswa/I di lingkup FST juga, yang sedang menulis skripsi atau karya tulis ilmiah, mendapat pencerahan dan pedoman, sehingga tidak bingung dalam mengolah dan menganalisis data hasil penelitian mereka” Dengan menulis buku maka akan memberi manfaat secara pribadi bagi penulis, sekaligus dapat memaksimalkan manfaat ilmunya bagi masyarakat luas, jelasnya.

Buku  “Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan” adalah satu dari 10 judul buku yang telah ditulis oleh bapak Dr. K.M. Agus Riyanto, SKM., M.Kes, dan telah terbit dalam beberapa edisi. Adapun partisipan yang turut serta dalam kegiatan tersebut adalah dosen, civitas akademik, dan mahasiswa/i dari Prodi S1 Farmasi, D-IV Teknologi Laboratorium Medis, D3 Teknologi Elektromedis dan D3 Sanitasi. Pada sesi pertama bapak Dr. K.M. Agus Riyanto, SKM., M.Kes selaku penulis buku tersebut membahas mengenai isi dari buku masing-masing bab dan penjelasan tentang teknik dasar dalam menulis dan melaporkan hasil penelitian. Penulis juga menyampaikan bahwa penulisan buku ini berangkat dari pengalaman mengajar serta salah satu bentuk keprihatinannya terhadap kemampuan mahasiswa-mahasiswi bimbingannya dalam menulis, skripsi tesis maupun disertasi. “Masih banyak mahasiswa yang tidak bisa membedakan konsep-konsep pada tahap awal penulisan proposal penelitian.

Penyerahan sertifikat secara simbolik kepada pemateri oleh Dekan FST

Selain itu, rata-rata mahasiswa tidak mampu membedakan konsep-konsep pada langkah-langkah awal proposal penelitian,” ungkapnya, selain mendapatkan pengetahuan mengenai isi buku yang dibedah. Partisipan juga diberikan kesempatan untuk sharing dengan adanya sesi Tanya jawab dengan pembicara.Dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang inspiratif dan memotivasi partisipan dalam menulis buku dan menyususn hasil penelitian yang baik dan benar. Pada akhir kegiatan diadakan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi kegiatan yang telah laksanakan. (TWH)