Kendari, Universitas Mandala Waluya (UMW) menyelenggarakan KKN tematik Di desa Morosi Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara Mulai dari 1 – 29 Maret 2022.

KKN tematik UMW mengambil tema “Pengembangan Konsep Desa Sehat Bebas dari Penyakit Akibat Industri Melalui Program Rural Community Control / Kelompok Masyarakat Desa Morosi Dalam Mengontrol Kerugian Lingkungan Akibat Aktivitas Industri Pertambangan”.

Tema ini diambil dilatarbelakangi terhadap berkembangnya masalah lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan. Aktivitas pertambangan dengan buangan sisa material dari aktivitas tambang berpotensi merusak lingkungan yang mencemari tanah permukaan khususnya wilayah-wilayah produktif yaitu persawahan, perkebunan dan tambak ikan yang berdampak pada kerusakan lingkungan jangka panjang. Sehingga Solusi yang di tawarkan adalah membentuk kelompok masyarakat yang sadar akan kesehatannya dan mampu melakukan pemantauan lingkungan/ Rural Community Control  yang terampil memahami sistem pelaporan dan prosedur pengaduan masalah lingkungan yang memiliki kemamampuan mengidentifikasi masalah lingkungan dan memelihara kelestarian lingkungan sekitar tambang dari pengerusakan lingkungan oleh aktivitas pertambangan jangka panjang di sisi lain perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung desa sehat.

KKN Tematik UMW dilakukan oleh Mahasiswa dari berbagai program studi yaitu S1 Kesmas, S1 Farmasi, S1 Keperawatan, dan D3 Sanitasi. Program-program Kerja yang diusulkan dalam KKN tematik ini antara lain :

Kegiatan non fisik :

  • Demostrasi Plot mengenai kesehatan, lingkungan dan tanaman obat masyarakat di Desa Morosi
  • Pembentukan Kader Kesehatan dan Komunitas Rural Community Control Pendekatan perorangan
  • Memantau kualitas sarana kesehatan dan lingkungan

Kegiatan fisik :

  • Membangun /merehabilitasi sarana fisik kesehatan danlingkungan
  • Pembuatan TOGA Masyarakat
  • Melakukan Bakti Sosial dan gerakan Masyarakat bersih

Rektor UMW Dr. Ratna Umi Nurlila, S.Si.,M.Sc menyampaikan Kegiatan ini merupakan kegiatan KKN tematik pertama dari UMW dan diharapkan dapat menjadi awal tuk kegiatan KKN tematik berikutnya.

Luaran yang diharapkan dari KKN tematik ini adalah Jurnal Nasional terakreditas Sinta, Video kegiatan, Haki, dan Publikasi pada media masa online