Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) menyelenggarakan The 1st Mandala Waluya International Conference On Pharmaceutical Science and Practice (MWICPSP 2021) dengan Tema Advance Drug Development and Discovery form Natural Product. Acara konferensi ini digelar secara daring pada tanggal 18-19 Desember 2021.

Wa Ode Yuliastri, S.Farm., M.Si (Ketua Prodi Farmasi) mengatakan, MWICPSP mengusung tema tersebut karena selaras dengan visi dan misi dari Prodi Farmasi. Kegiatan ini juga  merupakan ajang konferensi internasional pertama yang diselenggarakan oleh Prodi Farmasi dengan tujuan untuk mengetahui kemajuan terkait penemuan dan pengembangan obat yang bersumber dari bahan alam serta untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan obat dari bahan alam.

Konferensi ini menghadirkan empat pembicara dari beberapa Universitas di Luar Negeri yaitu Prof. Vivi Kasim (Chongqing  University, China), Prof. Ibrahim Bin Jantan (National University of Malaysia, Malaysia), Assoc. Prof. Rathapon Asasutjarit, Ph.D (Thammasat University, Thailand), dan Aamir Djalil, PharmD., M.Phil., Ph.D (Bahauddin Zakaria University, Pakistan) serta 2 pembicara dari dalam Negeri yaitu  Prof. apt. Zullies Ikawati, Ph.D (Universitas Gadjah Mada, Indonesia) dan Dwi Syah Fitra Ramdhan, S.Farm., M.S.Farm. (Universitas Mandala Waluya, Indonesia).

Kegitan ini juga dihadiri dari berbagai Universitas di Indonesia dan Luar Negeri sekitar kurang lebih 600 orang peserta dan sekitar 40 orang berpartisipasi dalam mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya  serta 15 orang ikut berpartisipasi dalam lomba poster .

Di waktu yang sama, Dwi Syah Fitra Ramadhan, S.Farm., M.S.Farm (Ketua Panitia The 1st MW-ICPSP 2021) mengatakan bahwa Kegiatan ini juga dihadiri oleh organisasi kefarmasian yaitu Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Selain itu juga hadir dari kalangan praktisi kesehatan terutama dalam bidang farmasi. Dwi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga memiliki Satuan Kredit Partisipasi (SKP) dari IAI dan PAFI yang sangat bermanfaat untuk kalangan praktisi farmasi.

“Kegiatan Konferensi internasional yang dipersiapkan sejak Oktober 2021 ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, Hal ini tentunya berkat dukungan dari berbagai pihak yaitu dari Yayasan Mandala Waluya kendari, Civitas Akademika Universitas Mandala Waluya, IAI, PAFI termasuk yang mensponsori kegiatan ini yaitu PT. SIMEX Pharmaceutical Indonesia, Fituno, Bank SULTRA, dan Pedagang Besar Farmasi (PBF) PT. Hoga Permadani Nusantara”. Ujarnya.