Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berperan sebagai wadah untuk mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu yang ditekuninya. Sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022. Sehubungan dengan hal tersebut, Belmawa  memberi kesempatan kepada mahasiswa Program Diploma III; Sarjana Terapan atau Sarjana dari perguruan tinggi (Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdibudristek) dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) untuk mengikuji ajang paling bergengsi dan kompetitif ini.

Universitas Mandala Waluya (UMW) sebagai Perguruan Tinggi yang turut aktif membangun dan menumbuhkan kreativitas dan inovasi pada mahasiswanya menyambut Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2022 ini  dengan sangat antusias.  Untuk mengakomodir dan menyiapkan mahasiswa UMW menjadi peserta PKM agar mendapatkan pendanaan oleh Belmawa hingga sampai ke PIMNAS, maka UMW menyelenggarakan  Workshop  dan Bedah Klinik Proposal Program Kreativitas Mahasiswa 2022 bertajuk “Meningkatkan Kreativitas Dan Potensi Mahasiswa Melalui Kegiatan PKM”. Workshop yang diprakarsai oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ini menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman sebagai reviewer nasional Program Kreativitas Mahasiswa serta kedua narasumber adalah juri PIMNAS yang berasal dari Perguruan Tinggi di Sulawesi Tenggara yakni bapak Prof. Dr. Sahidin, M.Si dan bapak Dr. La Ode Ahmad Nur Ramadhan, M.Si.

Workshop yang diselenggarakan secara daring ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama pemaparan materi mengenai mekanisme PKM Tahun 2022, syarat administratif dan substantif maupun unsur kreativitas dan unsur inovasi yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang menyusun proposal PKM agar lolos mendapatkan pendanaan. Selanjutnya, pada sesi kedua proposal PKM yang telah dibuat di review oleh narasumber sehingga mahasiswa memperoleh insight mengenai proposal yang telah disusunnya. Meskipun dilaksanakan secara virtual namun kegiatan workhsop berjalan dengan lancar dan hangat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara stakeholder UMW, para dekan dan ketua prodi beserta dosen pembimbing dan mahasiswa untuk terus giat dan aktif mengikuti  Popgram Kreativitas Mahasiswa di Tahun 2022 maupun PKM ditahun yang akan datang.